5 Manfaat Sehat Daun Salam Bukan Cuma Penyedap dan Pengharum Masakan

5 Manfaat Sehat Daun Salam Bukan Cuma Penyedap dan Pengharum Masakan

5 Manfaat Sehat Daun Salam Bukan Cuma Penyedap dan Pengharum Masakan

5 Manfaat Sehat Daun Salam Bukan Cuma Penyedap dan Pengharum Masakan – Daun salam merupakan bumbu masak dan penambah aroma yang sering digunakan dalam menu tumisan, rebus, sup, atau kukus. Lebih dari itu, ternyata daun salam (bay leaves) membawa banyak manfaat bagi kesehatan juga!

Daun salam (Syzygium polyanthum) diketahui mengandung minyak atsiri, tanin, flavonoid, alkaloid, serta methachaficol. Karena berbagai kandungan tersebut, daun ini sudah lama dimanfaatkan untuk pengobatan alami.

1. Penurun demam

Salah satu khasiat yang ditawarkan dari daun salam adalah kemampuannya dalam meredakan peradangan. Agen antiinflamasi ini berasal dari flavonoid.

Penelitian dalam Journal of Tropical Pharmacy and Chemistry tahun 2015 membuktikan bahwa ekstrak etanol daun salam pada berbagai variasi dosis mampu menghambat dan menekan peradangan pada sebuah uji coba hewan.

Manfaat tersebut diduga karena peran flavonoid yang memberi efek antiinflamasi dalam ekstrak daun salam. Cara kerjanya adalah dengan menghambat jalur siklooksigenase pada jalur metabolisme asam arakidonat.

2. Berpotensi menurunkan kadar asam urat

Penyakit asam urat penyebabnya oleh penumpukan kristal pada persendian akibat tingginya kadar asam urat pada dalam tubuh. Sering kali, penyakit ini mengakibatkan sakit dan pembengkakan pada daerah jari-jari kaki, lutut, tumit, jari dan pergelangan tangan. Nah, daun salam ternyata berpotensi dalam mengatasi masalah ini.

Melansir dari Agen IDN Poker berdasarkan penelitian dalam jurnal Pharmacon tahun 2012, ekstrak daun salam mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah hewan uji yang menggunakannya.

Adapun penelitian lainnya dalam CHMX Applied Scientific Journal tahun 2018 membuktikan bahwa terdapat pengaruh pemberian air rebusan daun salam terhadap kadar asam urat pada penderita.

Manfaat tersebut datang dari kandungan flavonoid yang punya sifat antioksidan dan mampu menghambat enzim xanthine oxidase, sehingga pembentukan asam urat dalam tubuh terhambat.

3. Sebagai antibakteri

Adanya senyawa antibakteri seperti minyak atsiri, tanin, dan flavonoid yang terdapat dalam daun salam membuat daun ini tidak usah pertanyakan lagi untuk aktivitas antibakterinya.

Menurut sebuah laporan dalam Jurnal Teknologi Laboratorium tahun 2014, infusa atau rebusan air daun salam mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa daun salam berpotensi untuk dijadikan alternatif antiseptik alami dalam pengobatan.

4. Sebagai antijamur

Bukan cuma punya keampuhan antibakteri, daun salam juga punya efek antijamur, dan ini pun tertuang dalam penelitian.

Berdasarkan penelitian dalam Jurnal Pembelajaran Biologi tahun 2014, daun salam terbukti mampu menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans. Kandungan antijamurnya datang dari minyak atsiri, flavonoid dan tanin.

Senyawa-senyawa aktif tersebut bekerja dengan menghambat pembelahan sel jamur, sehingga sel akan kehilangan kemampuannya untuk berkembang biak.

5. Mencegah pembentukan plak gigi

Plak gigi adalah lapisan lunak yang melekat erat pada permukaan gigi yang tidak membersihkan. Plak gigi ini merupakan kumpulan dari dari bakteri sisa-sisa makanan yang tertinggal. Jika membiarkan, plak gigi lama-lama akan mengakibatkan gigi kita berlubang. Daun salam juga pernah diteliti kemampuannya dalam mengatasi masalah ini.

Berdasarkan sebuah laporan dalam Jurnal Riset Kesehatan tahun 2015, penemuan adanya pengaruh berkumur dengan ekstrak daun salam dalam menghambat pembentukan plak gigi.

Lagi-lagi, manfaat tersebut berasal dari kandungan flavonoid, tanin, alkaloid, dan minyak atsiri yang mampu menghambat pertumbuhan Streptococcus mutans, yaitu bakteri yang berperan dalam pembentukan plak gigi. Akhirnya, akumulasi plak gigi bisa menurunkan secara signifikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *